Detail Artikel

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2019

Posted by: Evi | 26/09/2019 | Kategori: Perizinan | 18 kali dibaca | Rating: 5

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT

TAHUN 2019

 

Dalam rangka meningkatkan Good Governance dan menjalankan amanat Undang undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan evaluasi perbaikan layanan perizinan maupun non perizinan, maka diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan berupa Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang akan menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai sarana evaluasi kepuasan pengguna layanan di DPMPTSP Kota Bengkulu.

Tujuan dilakukannya Survei  Kepuasan Masyarakat (SKM)  adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan dan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di DPMPTSP Kota Bengkulu. Analisis data terhadap SKM, dan skor penilaian digunakan untuk perencanaan strategis peningkatan layanan publik di DPMPTSP Kota Bengkulu.

Untuk mendapatkan informasi yang valid, survei ini menggunakan instrumen penelitian kuesioner. Kuesioner dalam Survei Kepuasan Masyarakat digunakan sebagai alat bantu pengumpulan data kepuasan masyarakat penerima pelayanan. Kuesioner ini disusun berdasar tujuan Survei terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Dalam kuesioner terdapat 3 unsur, yakni : 1) waktu tanggal dan jam pelaksanaan survei; 2) Profil responden yang terdiri dari nama, perusahaan,tingkat Pendidikan; 3) pertanyaan tentang mutu pelayanan publik yang terdiri dari 9 unsur; 4) keluhan dan komentar. Pelaksanaan survey berpedoman pada PermenPANRB RI Nomor 14 Tahun 2017.

Keadaan profil pemohon perizinan maupun non perizinan sebagai responden dalam survey ini, dari berbagai latar belakang yang di golongkan dari usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, jenis perizinan yang dimohonkan.

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat

      Dari 150 Kuiseioner SKM yang terkumpul dengan jumlah responden 210 orang, maka hasil penilaian SKM menunjukan bahwa kinerja pelayanan di DPMPTSP Kota Bengkulu untuk tahun 2019 mendapat indeks sebesar 3,38  atau setara dengan 84,57 , artinya  mendapat  mutu  pelayanan “Sangat Baik (sangat memuaskan). Indeks Kepuasan Masyarakat per unsur layanan dapat dilihat pada 1 dan grafik 1.

Tabel 1.

IKM /Unsur dari Masing-masing Unsur Pelayanan

No

Unsur Pelayanan

Nilai Unsur Pelayanan

Mutu Pelayanan

Kinerja Pelayanan

1

Kesesuaian persyaratan pelayanan

84,5

A

Sangat Baik

2

Kemudahan  prosedur pelayanan

82,25

A

Sangat Baik

3

Kecepatan  pelayanan

82,25

A

Sangat Baik

4

Biaya

89,75

A

Sangat Baik

5

Standar Pelayanan

82

A

Sangat Baik

6

Kemampuan petugas

86,25

A

Sangat Baik

7

Sikap ( kesopanan dan keramahan) petugas

84,25

A

Sangat Baik

8

Kualitas sarana dan prasarana

79

B

Baik

9

Penanganan terhadap pengaduan, saran dan masukan

91

A

Sangat Baik

 

Grafik 1. IKM Per-Unsur Layanan

 

 

 

Share:

<